Kamis, 20 Oktober 2011

Public Service

Paling males emang deh kalo berurusan sama yang namanya public service. Beberapa kali dikecewakan :(

Sekarang nih lagi booming nya bikin E-KTP, ya kan. nah.. berhubung sekarang domisilinya di Jakarta, jadi cepet deh informasi tentang E-KTP (kalo tinggal di pamulang mah lama :D). dateng lag surat edaran ke rumah yang ditujukan buat saya, papa, dan mama. lah, kok tapi malah nama suami saya gak ada? masa dia gak bikin E-KTP??

besokkannya, datenglah saya ke kelurahan buat bikin e-ktp. sebelumnya papa mama udah duluan, berhubung saya jagain Umar, makanya kita ganti-gantian deh ke kelirahannya. sekitar jam 11-an saya meluncur ke TKP. langsung aja ke ruang foto nya. trus saya nanya deh ke mas-mas nya..

Saya : mas, kok nama suami saya gak ada ya disini ?
Mas : gak tau mba, tanya ke bagian depan aja. kita cuma manggil-manggilin aja.
Saya : ohh..ok!

setelah selesai foto dan segala macemnya, buru-buru deh saya ke ruang depan nanya sama seorang petugas yang mana saya tidak suka dengan dia, huff...

Saya : Bu.. (ketahuan deh kalo petugasnya ibu-ibu, hehe).. kok nama suami saya gak ada ya ? padahal kan dia kepala keluarganya ?
Si Ibu : gak tau kita, data semuanya dateng dari DDS dan kartu keluarga.
Saya : apa karena ktp suami saya belum diperbaharui ya?
Si Ibu : emang masa berlakunya udah abis?
Saya : belom
Si Ibu : ya kalo belom gak usah diperbaharui.
Saya : (kebingungan)
Si Ibu : tanya aja ke depan, bawa KK sama fotokopi ktp suami.
Saya : (tambah bingung, perasaan tadi sama orang yang di depan disuruh nanya kemari)

di ruang itu tambah banyak orang-orang yang bertanya keluhannya masih-masing. bertepatan juga udah jam 12 siang, kayaknya si Ibu BT masih banyak aja orang-orang yang pada nanya padahal usah jam istirahat.

karena rasa penasaran, saya balik lagi deh ke si Ibu sambil nanya kelanjutan e-ktp suami saya. eh, gak disangka, si Ibu malah nyuekin saya dan sibuk buka-buka file KK. karena dicuekin langsung aja saya pulang dengan perasaan emosi jiwa..sangat marah...

sore harinya, ada arisan RT di rumah. ternyata topiknya sama, gak jauh-jauh dari pelayanan publik. ada seorang ibu yang cerita dengan menggebu-gebu tentang asuransi. sambil penuh semangat, ibu itu bercerita.
"saya tuh jengkel sama pelayanan rumah sakit. mentang-mentang kita pake askes, kok tapi kayak gak dipeduliin ya. askes itu kan bukannya kita gratis, tapi gaji suami kita kan tiap bulannya dipotong selama puluhan tahun buat dapet askes, baru udah tua aja kita pake tuh askes. lagipula siapa sih yang mau sakit. tolong dong petugas-petugas itu jangan begitu"

saya jadi inget pengalaman lain saya dengan si Ibu kelurahan yang sama. waktu itu saya ngurus akte kelahirannya Umar. seminggu setelah melahirkan saya ke kelurahan dengan masih merasakan sakit di bagian perut. saya berharap banget kalo proses pembuatan akte gak akan ribet karena saya harus ninggalin Umar tanpa ASI selama berjam-jam. sesampainya di kelurahan, seperti biasa lah, lamaa, naik turun tangga. setelah hampir dua jam, saya tinggal nunggu kepastian dari si Ibu ini. saya nunggu lah di samping si Ibu. Gak berapa lama dateng lah seorang bapak berpakaian seragam polisi lengkap dengan berbagai atributnya. bapak polisi langsung menghampiri si Ibu dan meminta KTP yang baru di urusnya.

Pak Polisi : udah jadi?
Si Ibu : udah pak, (sambil senyam-senyum)
Pak polisi : berapa?
si Sibu : ahh..gak usah pak. gak usah. gratis.
pak polisi : berapaa?
si Ibu : gak pak gak usah.
pak polisi : (menyodorkan uang 10.000)
si Ibu : ih..si bapak mah.. makasih ya..
saya : (bengoooong)

gak berapa lama saya dipanggil deh sama si Ibu. si Ibu neranging bahwa saya harus ke kecamatan untuk bikin akte kelahiran. setelah si ibu ngasih tau, lalu ia berkata
si ibu : tolong uang administrasinya ya!
saya : berapa?
si ibu : berapa aja!
saya : (ngeluarin uang 10.000)

HAH? macam mana ini.. kenapa tadi pak polisi gak dimintain? Besok-besok kalo mau ngurusin apa-apa saya pake baju pramuka aja deh..

*sigh

apa perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan pelayanan yang baik?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hamnah, antara Nursing Strike dan Gagal Tumbuh

Tiga bulan lalu, Hamnah tiba-tiba saja menolak untuk nenen. setiap kali saya tawarkan untuk nenen, dia selalu menjerit dan menangis. saya ...