Senin, 18 Januari 2016

Bikin Bolu, hasilnya Bantet. #KamiTidakTakut

Tagar yang lagi nge-hietz nih,.ikutan aja lah biar dibilang gaul wkwkwk. Tapi mah, saya gak mau ikut-ikutan menganalisis tragedi 14 Januari kemaren. Saya mah pengen menganalisis kenapa teh itu bolu kukus jadi ga mekar. Gatot, gagal total, bantet sebantet-bantetnya. syediih :(

Berawal dari resep yg berseliweran di fesbuk, kok ya pas diliat-liat sepertinya mudah gitu buatnya. Bahan-bahannya juga ada semua di dapur. Jadi lah tuh resep di save di hp. Saya liatin tuh resep tiap hari. Sebenernya saya kurang suka bikin kue-kue, palagi bolu kukus, takut bantet. Udah cape buatnya, capek nyuci piringnya, trus bantet. Kan sedih. Ujung-ujungnya maksa bapak Fajar buat makan kue yg bantet deh. Tapiiii...bolu kukus gula jawa ini memang simple. mulai dari bahan-bahannya dan cara membuatnya.

                                         (bahan : terigu, garam, gula jawa, minyak, air, dann telur)

Cara buatnya tinggal cemplang-cemplung aja. daan..disinilah tragedi bantet itu bermula. Saya tau, yg namanya bikin kue itu agak-agak tricky. Kadang kita spertinya sudah mengikuti plek-plek cara membuatnya, tapi kenapa masih gagal juga? masih bantet juga? Itu dia yg bikin saya agak-agak males kalo bikin kue, apalagi cookies. hahaha.. kalau buat masakan lauk kayaknya lebih cocok buat saya. Kalo rasanya ga enak, tinggal cocolin sambel aja dan rasanya masih bisa tertolong. Lha, masa iya kalo kue nya bantet trus dicocolin sambel gitu?hehehee..itu sih menurut gw aja yak :D


                                                 hasil adonan yang lebih mirip kayak karet :(

Lanjut. Jadi kesalahan saya ialah mencampur semua bahan jadi satu. Terigu,.telor, baking powder, garem ampe minyak gorengnya saya cemplungin semua. Dan tadaaa, adonannya menggumpal. Dan disinilah saya sadar kalo bolu kukus ini tak akan berhasil. tapi saya masih ada secuil harapan. Kali aja kalo saya campur dengan gula jawa yg sudah dicairkan, adonan ini akan kembali menjadi normal, walaupun pada akhirnya tidak. adonannya sama sekali tidak sperti bolu kukus pada umumnya. adonan ini kental seperti karet hehehe. tapi alhamdulillaah..wangi kuenya masih tertolong, ga sedih-sedih amat lah. Laluu..siapin cup bolu dan kertasnya, tuang adonan ke dalam cup sampe agak penuh terus kukus dalam panci yg airnya sudah mendidih. Kira-kira 15 menit deh, trus saya iseng pengen buka tutup panci berharap bolu saya mekar sumringah hehehe. Pas dibuka, ya gitu deh hahaha..bolunya mingkem, bantet sempurna. Ya ga papalaah..bentuknya aja yg kurang memesona, masalah rasa mah masih alhamdulillah. bisa masuk ke tenggorokan aja udah alhamdulillah pokoknya. tapi yang bikin terharu, kok Ali doyan ya? hahaha..bolu masih ngepul-ngepul asepnya,.Ali minta disuapin. Bener-bener pengertian banget dah.


Percobaan kue kali ini memang belum memuaskan. Ini bener-bener kesalahan saya dalam mengolah dan mencampur bahan-bahan. Naah, itu pentingnya ilmu. Apalagi buat ibu-ibu. Pengen menghidangkan masakan yg enak dan sehat buat keluarga harus ada ilmunya. Dari mana? googling laah..hape kan udah canggih :D. Gak papalah kali ini saya gagal, kue saya bantet. kalo kata orang kan, kegagalan adalah keberhasilan yg tertunda. Dibalik setiap kejadian ada hikmahnya. Mah..mah, hikmah! ceritanya manggil temen saya yg namanya Nurul Hikmah. gak lucu ya!

                                           hasil bolu yang mingkem tapi rasanya masih lumayanan deh ;p



Yaa...mungkin lain kesempatan saya akab posting bolu yg berhasil mekar. Insya Allah. #KamiTidakTakut mencoba buat kue lagi. Cemunguud eeaa!!

 ngikutin Ibu ngaduk-ngaduk adonan.


_____________________________________________________________________
Gula Jawa Ummi
asli Kebumen
Lebih Manis, Legit, dan Bersih
Harga Promo 
22.000/kg

Mau?
 0857-8021-7203

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hamnah, antara Nursing Strike dan Gagal Tumbuh

Tiga bulan lalu, Hamnah tiba-tiba saja menolak untuk nenen. setiap kali saya tawarkan untuk nenen, dia selalu menjerit dan menangis. saya ...