Jumat, 09 Desember 2011

Binahong, gak Bohong ngilangin sakit gigi..


Hem..mungkin gak banyak orang yang tau apa sih daun binahong, seperti apa bentuknya, dan apa khasiatnya.. jadi begini ceritanya..
Sehabis melahirkan Umar, sekitar usianya satu bulan, secara tiba-tiba saya diseranf sakit gigi yang tiada tara. Ngiluuu sengilu-ngilunya. Itu terjadi karena gigi saya ada yang bolong. Selama melahirkan, sudah sekitar dua gigi saya bolong dan patah. Tapi saya tidak berani menabal gigi karena alasan kehamilan. Sampai setelah melahirkan pun saya belum sempat mengunjungi dokter gigi juga..huff..
Alhasil itulah resiko yang saya terima, SAKIT GIGI. Kira-kira selama tiga hari saya harus menahan rasa nyeri tak tertahankan. Saya gak berani untuk minum obat-obatan, khawatir akan mempengaruhi ASI saya untuk Umar, ya jadi ditahan aja deh, sambil terus berdoa semoga sakit giginya cepet ilang..udah gak tahaan...
Waktu itu saya lagi nginep di rumah mama di Pamulang. Ada salah satu temen kakak saya yang menyuruh saya untuk menggunakan obat kumur. Tanpa pikir panjang, saya langsung bilang ke suami untuk dibelikan obat kumur. Saat itu suami saya tidak begitu yakin apa obat kumur bisa menyembuhkan sakit gigi. Akhirnya, setelah perdebatan yang alot, suami sayapun menyerah dan pergi ke minimarket untuk beli obat kumur. Langsung saya pake, dan menunggu hasilnya..
Di perjalanan pulang ke Pasar Minggu, kok sakit giginya gak ilang-ilang. Aah jangan-jangan emang bener kata suami saya kalo obat kumur gak bisa nyembuhin sakit gigi. Akhirnya saya tahan lagi sakit gigi yang belum juga rela pergi dari saya...
Besokkannya saya nyerah...akhirnya saya minum parasetamol. Sebelumnya, saya udah googling juga, katanya paracetamol aman diminum ibu hamil dan menyusui. Saya minumlah satu tablet paracetamol. Alhamdulillah bisa menghilangkan sedikit nyeri, tapi masih berasa sakitnya. Sampai-sampai, suhu badan saya meningkat dan meriang. Lebih parahnya lagi, gusi saya bengkan besaaar banget, dan jadi bahan olok-olok suami saya (sepertinya saat itu dia BAHAGIA sekali melihat pipi saya yang bengkak itu...). Gak sampe disitu, ibu mertua saya juga sampe kaget dan merasa terharu melihat pipi saya yang tiba-tiba menjadi “chubby..”
Seharian itu saya meriang...
Sampai akhirnya datanglah suami saya dengan membawa sebuah daun berbentuk imut-imut, dan yang baru saya tahu itu adalah daun binahong yang juga ternyata tumbuh di halaman pekarangan rumah. Alhamdulillah..
Daun binahong itu dipotong menjadi beberapa bagian kecil, dan dikulum di tempat gigi yang bolong. Lalu saya bawa tidur..
Sehari, dua hari..Alhamdulillah sedikit-demi sedikit rasa nyerinya hilang, walaupun masih suka muncul sesekali. Saya pakai binahong sampai beberapa hari, dan Alhamdulillah, Allah yang Maha Menyembuhkan, sakit gigi saya hilang dan bengkaknya juga berkurang..Subhanallah..
Melihat perkembangan yang signifikan itu, mertua saya teringat bahwa pernah ada tukang stroberry langganan yang datang ke rumah untuk minta daun binahong. Tukang stroberry itu bilang kalau daun binahong biasa dia pakai untuk menyembuhkan sakit giginya..
Alhamdulillah...terima kasih Ya Allah telah menciptakan berbagai macam tumbuhan dengan berbagai manfaat bagi manusia.
Allahu Akbar
J

Bentuknya kayak “love” ya.. :D

3 komentar:

Hamnah, antara Nursing Strike dan Gagal Tumbuh

Tiga bulan lalu, Hamnah tiba-tiba saja menolak untuk nenen. setiap kali saya tawarkan untuk nenen, dia selalu menjerit dan menangis. saya ...